Asuransi Kesehatan

Akhir-akhir ini biaya kesehatan terasa semakin mahal. Ketika kita sakit parah dan harus dirawat, kita harus membayar dokter, membeli obat, dan biaya rawat inap, yang kesemuanya tidak terduga dan tidak murah. Untuk mereka yang bekerja di suatu instansi atau perusahaan yang telah memiliki program asuransi kesehatan, biaya-biaya tersebut tidak terlalu menjadi masalah karena minimal sebagian besar biaya tersebut telah ditanggung oleh perusahaan asuransi. Oleh karena itu, bagi Anda sebagai pribadi atau sebagai pemilik atau pegawai dari perusahaan yang belum memiliki asuransi kesehatan, ada baiknya Anda segera membeli asuransi ini, agar besarnya pengeluaran biaya kesehatan dapat lebih stabil. Dengan memiliki asuransi kesehatan, besarnya biaya atau premi tahunan dapat dihitung dengan pasti sehingga memudahkan Anda dalam mengatur pengeluaran dan mengurangi biaya-biaya tak terduga.

Asuransi kesehatan adalah jenis produk asuransi yang menjamin biaya kesehatan atau perawatan kesehatan para anggotanya jika mereka sakit atau mengalami kecelakaan. Di Indonesia terdapat dua jenis asuransi kesehatan, yaitu individu (perorangan) dan kolektif/corporate (kelompok). Asuransi individu diperuntukkan bagi perorangan atau keluarga, sedangkan asuransi kolektif biasanya dibeli oleh suatu perusahaan dengan tujuan untuk memberikan perlindungan kesehatan bagi para pegawainya. Premi asuransi kesehatan individu biasanya lebih mahal daripada premi asuransi kesehatan kolektif, karena banyaknya jumlah individu yang ikut di dalam kelompok dapat membuat risiko terjadinya klaim dibagi rata oleh seluruh individu yang ditanggung di dalam kelompok tersebut. Semakin besar jumlah kelompok dalam asuransi kesehatan kolektif, semakin rendah jumlah premi yang harus dibayarkan.

A

Manfaat Asuransi Kesehatan

Banyak manfaat yang bisa didapatkan apabila Anda membeli asuransi kesehatan. Diantaranya adalah bantuan dana bagi tertanggung jika mengalami gangguan kesehatan atau penyakit. Semua kebutuhan biaya seperti biaya obat-obatan, biaya dokter, biaya perawatan di rumah sakit, sampai biaya operasi ditanggung oleh perusahaan asuransi. Jenis program yang tersedia biasanya adalah manfaat rawat inap dan manfaat penyakit kritis. Namun, manfaat-manfaat asuransi kesehatan tersebut biasanya merupakan pilihan tambahan (riders) yang bisa diambil dengan mengambil program dasar, yaitu asuransi jiwa. Besarnya jumlah total biaya yang bisa digunakan per tahun biasanya dibatasi oleh perusahaan asuransi, sesuai dengan premi yang dibayarkan. Sistem klaim yang digunakan biasanya terdiri dari dua jenis, yaitu sistem penggantian (reimbursement) dan sistem provider. Dengan sistem penggantian, peserta asuransi harus terlebih dahulu membayar biaya pengobatan dengan uangnya sendiri, baru kemudian dapat diklaim atau diganti oleh perusahaan asuransi. Dengan sistem ini kita dapat bebas memilih rumah sakit mana saja sebagai tempat kita dirawat, sesuai dengan plafond (batas maksimal penggantian) yang telah ditentukan sebelumnya. Dengan cara ini, kelengkapan surat-surat administrasi sebagai syarat utama dalam proses klaim harus sangat diperhatikan agar proses penggantian biaya yang sudah dikeluarkan dapat berlangsung dengan lancar. Biasanya, proses pencairan dana klaim memakan waktu sekitar 7 hari kerja. Sedangkan dengan sistem provider, kita hanya perlu menunjukkan kartu keanggotaan kesehatan di rumah sakit-rumah sakit yang telah ditunjuk oleh perusahaan asuransi tanpa perlu mengeluarkan uang terlebih dahulu.

Pada perusahaan asuransi Prudential, asuransi kesehatan merupakan riders (asuransi tambahan) yang dilekatkan kepada manfaat asuransi jiwa dasar Unit link. Pada produk ini, terdapat dua jenis pertanggungan rawat inap, yaitu:

1. PRUmed

PRUmed adalah manfaat tambahan yang memberikan tunjangan harian rawat inap, Intensive Care Unit (ICU) dan pembedahan kepada Tertanggung Utama jika menjalani rawat inap di Rumah Sakit. Dengan manfaat tambahan ini, Tertanggung Utama dapat memperoleh tunjangan harian tetap sesuai dengan jumlah unit yang diambil pada waktu pembuatan polis, jika yang bersangkutan dirawat di unit rawat inap atau ICU Rumah Sakit dengan jangka waktu lebih dari dua hari berturut-turut, atau pun menjalani pembedahan baik minor, medium, atau pun mayor. Perlu diingat, manfaat yang diberikan disini hanya berupa santunan, bukan penggantian keseluruhan biaya Rumah Sakit yang dikeluarkan oleh Tertanggung.

A

2. PRUhospital & surgical cover (PRUHS)

PRUHS adalah manfaat tambahan yang memberikan penggantian seluruh biaya rawat inap, ICU, dan pembedahan sesuai dengan plafond manfaat yang diambil, selama Tertanggung Utama menjalani perawatan di rumah sakit, sampai dengan usia Tertanggung 55, 65 dan 75 tahun. Dengan asuransi tambahan ini, Tertanggung Utama memperoleh manfaat pembayaran biaya-biaya saat menjalani perawatan seperti biaya kunjungan dokter umum atau spesialis dan aneka biaya perawatan Rumah Sakit pada rawat inap lebih dari dua hari, ICU, dan pembedahan. Selain itu, Tertanggung Utama juga memperoleh manfaat rawat jalan darurat karena kecelakaan, perawatan kanker, dan perawatan cuci darah (dialysis).

A

Tips Memilih Asuransi Kesehatan

  1. Pilih perusahaan asuransi terpercaya yang sudah terbukti memiliki produk dan layanan yang bagus. Ada baiknya Anda melakukan perbandingan dengan mempertimbangkan banyaknya cabang yang dimiliki oleh perusahaan tersebut dan berita-beritanya di media.
  2. Bandingkan juga manfaat dan premi yang harus dikeluarkan dan pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda dalam membayar premi.
  3. Sebelum membeli, pelajari terlebih dahulu semua manfaat yang ditawarkan serta syarat dan kondisi yang dicantumkan dalam detail pernyataan polis asuransi.
  4. Pilih asuransi berdasarkan nilai ekonomi penggantinya jika terjadi risiko, jangan hanya karena preminya yang rendah.
  5. Jika perusahaan tempat kita bekerja tidak menyediakan asuransi kesehatan, ajak rekan-rekan sekantor untuk membeli asuransi kesehatan secara kolektif agar premi yang dikeluarkan dapat lebih rendah.

A

Silahkan hubungi Kami untuk informasi lebih lanjut…

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s