Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa adalah suatu kontrak pengalihan risiko atas kehilangan jiwa dalam bentuk ekonomi yang kemudian risiko tersebut diambil alih oleh sebuah perusahaan asuransi jiwa. Ada beberapa jenis asuransi jiwa, diantaranya adalah:

Asuransi Berjangka (Term Life)

Asuransi ini termasuk asuransi tradisional yang memberikan perlindungan kematian pada waktu tertentu. Asuransi berjangka sesuai bagi mereka yang memerlukan perlindungan untuk jangka waktu tertentu tanpa kebutuhan dana atau tabungan dari asuransi. Asuransi ini cocok untuk orang muda yang masih belum berpenghasilan besar, dengan uang pertanggungan atau perlindungan sebesar mungkin dan premi sekecil mungkin.

Kekurangan dari asuransi berjangka adalah besarnya premi meningkat setiap jangka waktu polis habis atau masuk ke jangka waktu yang baru. Selain itu, penerima santunan kematian (beneficiary) tidak akan mendapatkan apa pun jika yang diasuransikan tidak meninggal dunia dalam masa waktu asuransi.

A

Asuransi Permanen Whole Life

Asuransi permanen whole life adalah bentuk asuransi tradisional lain yang santunan kematiannya berjalan sepanjang kehidupan tertanggung, biasanya sampai usia 99 atau 100 tahun, selama premi dibayarkan sesuai dengan ketentuan dalam polis. Bedanya dengan asuransi berjangka, dengan asuransi ini tertanggung dapat mengambil dana atau nilai tunai yang terbentuk bebas pajak. Namun, nilai tunai dijamin dengan suku bunga yang sangat rendah, yaitu sama dengan atau mendekati tingkat suku bunga tabungan di bank.

A

Asuransi Permanen Endowment

Asuransi permanen endowment adalah asuransi yang mewajibkan perusahaan asuransi memberikan santunan kematian sebesar nilai pertanggungan jika tertanggung masih hidup sampai akhir masa kontrak ditambah nilai tunai yang ada. Nilai tunai dari asuransi ini juga dijamin dengan tingkat suku bunga rendah, yaitu sama dengan atau mendekati nilai suku bunga di bank.

A

Asuransi + Investasi (Unit link)

Asuransi unit link ini merupakan produk asuransi turunan yang bersifat fleksibel. Sebagian premi asuransi ini akan diinvestasikan dalam produk reksa dana yang dikelola oleh perusahaan asuransi tersebut, atau melibatkan pihak lain. Asuransi ini memiliki beberapa kelebihan, di antaranya adalah:

  1. Nasabah bebas memilih jenis investasi yang beragam, sesuai profil risiko yang dimilikinya, mulai dari reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran, hingga reksa dana saham. Info lebih lanjut, silahkan baca artikel tentang investasi.
  2. Account asuransi dan investasi yang berbeda menjamin tingkat transparansi yang tinggi bagi nasabahnya.
  3. Kebebasan nasabah untuk memilih jenis investasi menyebabkan jenis asuransi ini memiliki tingkat fleksibilitas yang tinggi. Fleksibilitas tersebut diantaranya adalah:
      • Nasabah dapat mengurangi atau melakukan cuti premi (minimal setelah dua tahun masa wajib bayar) selama nilai investasinya masih mencukupi untuk membayar premi tersebut
      • Nasabah dapat menambah jumlah premi
      • Nasabah dapat mengubah tingkat proteksi
      • Nasabah dapat mengawasi perkembangan dan mengambil nilai tunai investasi kapan saja.

A

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Produk Unit Link

  1. Pastikan apa rencana/tujuan Anda menabung (berinvestasi) dan waktu yang diperlukan untuk mencapai target dana tersebut supaya Anda tidak lapse di tengah masa kontrak asuransi. Rencana ini bisa juga dikaitkan dengan perencanaan keuangan Anda
  2. Usahakan nilai uang pertanggungan yang akan Anda terima sesuai dengan nilai ekonomis tertanggung utama. Jangan tergiur oleh tawaran uang pertanggungan yang kecil hanya karena anda ingin mendapatkan nilai tunai (investasi) yang besar.
  3. Pilih unit link dengan investasi langsung pada reksa dana
  4. Pilih produk reksa dana yang sesuai dengan tujuan investasi Anda. Contohnya, untuk tujuan investasi jangka panjang (lebih dari 3 tahun) pilih Reksa dana saham, untuk investasi jangka menengah (1-3 tahun) pilih Reksa dana campuran (pendapatan tetap), dan investasi jangka pendek (kurang dari 1 tahun) pilih Reksa dana pasar uang.
  5. Pilih perusahaan asuransi dan investasi yang bonafide, yang sudah terbukti memiliki track record yang baik untuk produk unit link ini.
  6. Cermati biaya-biaya yang dikenakan.

A

Perusahaan Asuransi Jiwa

Banyak perusahaan asuransi jiwa yang ada di Indonesia, namun Anda harus dapat memilih perusahaan mana yang terbaik bagi Anda, bukan atas dasar berita yang tidak jelas kebenarannya, janji manis tenaga pemasarannya, hubungan keluarga atau kedekatan dengan tenaga pemasarannya, dsb. Ingat, disini Anda mengalihkan risiko yang akan terjadi dalam hidup Anda (setidaknya sepanjang umur Anda dan keturunan Anda) kepada sebuah perusahaan (asuransi jiwa), dan juga mempercayakan aset (investasi) Anda untuk dikelola dengan baik dan transparan (bagi produk unit link). Pilihlah perusahaan asuransi jiwa yang telah terbukti memiliki kinerja atau track record yang telah diakui oleh sebagian besar nasabah atau masyarakat, supaya lebih objektif. Salah satu parameternya adalah banyaknya penghargaan dari berbagai lembaga independen yang ada di Indonesia, atau bahkan Internasional, dan penghargaan tersebut didapatkan secara terus-menerus bukan hanya periode tertentu saja. Idealnya, sebuah perusahaan asuransi jiwa yang terbaik adalah yang tidak pernah mendapatkan keluhan maupun kritik dari nasabahnya. Namun, karena setiap manusia adalah sosok yang unik dengan kepribadian atau pandangan yang berbeda-beda, maka hampir tidak mungkin sebuah perusahaan asuransi jiwa tidak pernah mendapatkan keluhan atau kritik. Seringkali keluhan maupun kritik yang dilontarkan ternyata hanya sebuah bentuk kesalahpahaman atau kurangnya informasi dari nasabahnya. Semakin banyak nasabah yang dimiliki oleh sebuah perusahaan asuransi jiwa, maka peluang terjadinya keluhan maupun kritik akan semakin besar pula. Sehingga, akan lebih adil apabila Anda ingin menilai kinerja sebuah perusahaan asuransi jiwa tidak dengan jumlah (dalam satuan) keluhan atau kritik, namun berdasarkan persentase terhadap jumlah seluruh nasabah yang dimiliki oleh perusahaan tersebut.

Nah, setelah Anda memahami tulisan di atas, maka perusahaan manakah yang termasuk kriteria tersebut ?

Berikut ini salah satu berita tentang perusahaan asuransi jiwa terbaik menurut Majalah Investor tahun 2012 pada Investor Daily. Pada berita tersebut dapat dilihat bahwa Prudential merupakan perusahaan asuransi jiwa terbaik, bahkan selama 10 tahun terakhir berturut-turut. Menurut Forbes, seperti yang dikutip oleh Nurul Qomariyah dalam tulisannya di Detik Finance tahun 2009, tampak bahwa Prudential merupakan satu-satunya perusahaan asuransi jiwa yang diprediksi akan tetap bertahan 100 tahun ke depan. Jadi, bagaimana menurut Anda?

Hubungi Kami untuk info lebih lanjut

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s