Bagaimanakah Cara Saya Memiliki Asuransi??

Selamat Siang Planners,

Bila Anda memutuskan untuk mengalihkan risiko kepada perusahaan asuransi umum atau jiwa, maka perusahaan manakah yang sebaiknya diambil? Bagaimana caranya?

Pada umumnya, Anda mengambil keputusan ini tentunya karena Anda yakin bahwa perusahaan asuransi pasti akan mengambil alih risiko dan bersedia membayar sejumlah Uang Pertanggungan sesuai kontrak yang ada. Bagaimana supaya Anda yakin? Apalagi banyak perusahaan asuransi yang berkata bahwa dirinya yang terbaik, lebih bagus dibanding yabg lainnya, dan sebagainya. Belum lagi ada beberapa cara Anda memiliki asuransi baik melalui tawaran bank tempat Anda menabung, lewat telefon, atau lewat jasa agen atau konsultan pemasaran.

Mari Kita lihat dari berbagai sudut pandang. Pertama Kita akan bahas tentang cara membeli produk asuransi (khususnya asuransi jiwa) lewat mana sebaiknya? Masing-masing cara ada kelebihan dan kekurangan. Kita bahas satu per satu.

  1. Bancassurance, ini merupakan istilah yang populer disebutkan bila Anda ada di Bank. Artinya adalah produk asuransi yang dipasarkan melalui pihak bank. Pada umumnya, bank tidak menjamin tentang isi kontrak polis asuransi Anda karena pihak bank hanya memfasilitasi penjualan bagi perusahaan asuransi terhadap para nasabah yang mungkin mencari produk asuransi. Kelebihannya adalah nasabah tidak perlu takut akan unsur penipuan, karena biasanya bank akan bekerja sama dengan perusahaan yang resmi. Mungkin juga ditawarkan tentang kemudahan pembayaran melalui rekening nasabah di bank tersebut. Kekurangannya adalah bank akan buka sepanjang jam buka kantor/bank. Bila Anda perlu bantuan, Anda hanya dipandu lewat telefon atau harus ke customer service di bank tersebut yang orangnya mungkin akan ganti-ganti. Jadi masalah (kesehatan) Anda akan diketahui oleh banyak pihak.
  2. Telemarketing, ini merupakan cara penawaran yang sering Kita jumpai apalagi bagi Anda yang punya atau pernah punya Kartu Kredit. Kelebihannya adalah Anda tidak perlu repot-repot pergi ke suatu tempat untuk membeli produk asuransi, fan tidak perlu isi dokumen atau bahkan tanda tangan yang mungkin biasanya jumlahnya sangat banyak dan terkesan merepotkan. Kekurangannya adalah Anda mungkin dapat informasi tidak tepat atau kurang lengkap dan Anda akan diburu-buru untuk memutuskan saat itu juga tanpa ada kesempatan untuk mempelajari produk tersebut secara mandiri. Anda juga akan bingung untuk berkonsultasi lebih lanjut tentang produk yang Anda beli, karena orang yang menawarkan tidak akan meninggalkan nomor kontak. Anda hanya diarahkan kontak ke perusahaan asuransi secara langsung.
  3. Jalur Tenaga Pemasaran (agen pemasaran atau financial consultant), jalur ini yang pada umumnya sangat disukai karena Anda dapat kontak langsung penjual secara pribadi. Itu salah satu kelebihannya, selain itu Anda dapat menghubungi dan berkonsultasi tiap waktu. Data kesehatan Anda juga cukup terjamin kerahasiaannya, karena hanya sedikit orang yang mengetahuinya. Bila Anda ketemu agen yang tepat, maka Anda juga akan mendapatkan konsultasi tentang perencanaan keuangan secara objektif dari agen yang telah mendapatkan sertifikasi khusus untuk itu. Kekurangannya adalah bila Anda mendapatkan agen yang hanya kerja sementara di bidang ini, maka bisa jadi agen Anda sering berganti-ganti, sama halnya seperti lewat jalur bank. Bahkan bila agen yang jahat, bisa jadi uang premi Anda dibawa kabur. Namun seiring dengan perkembangan teknologi, maka hal ini bisa diminimalkan dengan cara pembayaran autodebit rekening bank atau kartu kredit. Jadi pemilihan lewat tenaga pemasaran, yang paling utama adalah bagaimana tingkat kepercayaan Anda terhadap agen tersebut? Sama halnya dengan Anda berobat ke dokter, Anda akan puas atau sembuh lebih cepat bila Anda percaya sepenuhnya kepada dokter tersebut.

Jadi lewat jalur manapun ada kekurangan dan kelebihannya. Nah manakah yang paling cocok bagi Anda? Survey membuktikan bahwa sebagian besar orang memilih lewat jalur tenaga pemasaran atau agen.

Bagaimana dengan Anda??

Kami siap membantu bila Anda ingin mendapatkan saran profesional yang terbaik.

Salam Perencanaan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s