Apa Sajakah Cicilan Masa Depan Anda??

Selamat Siang Planners,

Pada pembahasan topik-topik yang lalu, Kami berulang-ulang menekankan tentang cicilan masa depan. Apa sajakah yang termasuk cicilan masa depan?

Pada prinsipnya tidak ada ketentuan mutlak tentang apa saja cicilan masa depan Anda. Mengapa? Karena kebutuhan hidup di masa depan akan berbeda bagi tiap orang. Cicilan masa depan yang dimaksud ini adalah kebutuhan jangla panjang, yaitu lebih dari 10 tahun yang akan datang. Nah, apa sajakah kebutuhan masa depan Anda??

Walau berbeda-beda untuk tiap orang, namun ada beberapa kesamaan kebutuhan. Beberapa yang pada umumnya sama adalah kebutuhan pendidikan anak ke perguruan tinggi, kebutuhan dana pensiun, kebutuhan perlindungan pendapatan keluarga, dan beberapa ada juga memilih kebutuhan warisan.

Jadi kebutuhan masa depan akan sama atau berbeda, tergantung dari :

  • Waktu memulai menyadari akan adanya kebutuhan masa depan, dan berniat merencanakan serta mencicilnya minimal 10 tahun ke depan,
  • Status pernikahan saat ini serta apakah sudah memiliki anak atau belum. Bagi yang belum menikah, mungkin belum atau tidak terpikir tentang rencana mencicil biaya kuliah anak. Namun bagi pasangan suami istri yang belum memiliki anak, dapat saja sudah memikirkan dan mempersiapkan dana pendidikan anak walaupun belum ada anaknya.
  • Rasa cinta yang besar terhadap keluarganya. Apa maksudnya? Jadi apabila kepala keluarga memang peduli terhadap kebutuhan masa depan, maka kepala keluarga pasti akan memiliki perencanaan keuangan kebutuhan jangka panjang tersebut dengan cara dicicil atau disiapkan sekaligus.

Itulah beberapa kebutuhan masa depan Anda yang perlu dicicil sejak dini.

Salam Perencanaan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s