1. Menetapkan Impian dengan SMART

Dear Dream-catchers,

Hal utama yang harus kita lakukan dalam merencanakan impian kita adalah dengan menetapkannya secara SMART (Specific, Measurable, Attainable, Realistic, and Time-bounded). Maksudnya, mimpi kita harus ditetapkan secara spesifik, dapat diukur, dapat diperoleh, realistis, dan harus ada deadline waktunya, kapan mimpi tersebut harus kita capai. Contohnya, tiga tahun lagi saya ingin memiliki rumah bertingkat lengkap dengan kolam renang dan halaman belakang seharga 5 Miliar di Perumahan Setiabudhi Regency, dengan luas tanah 300 meter persegi dan luas bangunan 150 meter persegi. Kalau perlu, kita lakukan visualisasi dengan survey ke perumahan tersebut dan meminta gambar dari rumah yang kita impikan. Dengan demikian, kita bisa mengukur usaha yang harus dilakukan dari sekarang agar impian kita itu dapat terwujud.

Apabila Anda memiliki lebih dari satu mimpi, sebaiknya semua impian tersebut dituliskan/dijabarkan dengan spesifik di dalam suatu tabel, sehingga jelas dan dapat direalisasikan dengan lebih terarah. Untuk keperluan itu, Anda bisa menuliskannya di dalam tabel mimpi, dan membaginya ke dalam tiga kategori, yaitu mimpi jangka pendek (1-2 tahun), mimpi jangka menengah (3-5 tahun), dan mimpi jangka panjang (lebih dari 6 tahun).

TABEL MIMPI

MIMPI JANGKA PENDEK (1-2 TAHUN) MIMPI JANGKA MENENGAH (3-5 TAHUN)

MIMPI JANGKA PANJANG (> 6 TAHUN)

 

 

 

 

 

 

 

   

Dengan menuliskan semua impian Anda secara SMART ke dalam ketiga kategori di atas, maka Anda akan semakin mudah dalam menentukan langkah-langkah yang tepat untuk merealisasikannya.

Apabila Anda telah berkeluarga, jangan lupa untuk selalu mendiskusikan semua impian Anda tersebut dengan pasangan. Dengan demikian, tercipta suatu sinergi yang dapat mempercepat realisasi semua impian Anda sekeluarga.

Setelah Anda tentukan mimpi Anda dengan SMART, Anda bisa beralih ke langkah berikutnya, yaitu check up keuangan Anda, yang akan kami bahas pada tulisan berikutnya. Stay tuned….

Salam Planners.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s