Perencana Keuangan

Siang planners..

Perencana keuangan adalah sebuah profesi yang membantu nasabah/klien dalam merencanakan keuangan pribadi atau keluarganya dengan cara memberikan solusi keuangan dan pemilihan pengelolaan keuangan, sehingga tujuan keuangan jangka pendek, menengah, dan panjang dari nasabah dapat tercapai.

Dalam sebuah buku berjudul The Truth About Money , Ric Edelman menjelaskan 11 alasan mengapa perencanaan keuangan perlu dilakukan , yaitu karena melalui proses perencanaan keuangan kita lebih bisa untuk :

  1. Melindungi diri Anda dan keluarga dari dampak keuangan akibat resiko kecelakaan, penyakit, kematian, dan tuntutan hukum.
  2. Mengurangi utang pribadi/keluarga.
  3. Membiayai keuangan bila hidup ini tidak lagi dalam rentang usia produktif.
  4. Membayar biaya-biaya untuk membesarkan anak.
  5. Memberikan alokasi pendidikan bagi anak-anak ke perguruan tinggi.
  6. Membiayai pernikahan anak perempuan kita.
  7. Untuk membeli kendaraan.
  8. Untuk membeli rumah.
  9. Mempu menentukan gaya hidup yang kita inginkan saat pensiun.
  10. Membayar biaya-biaya perawatan jangka panjang.
  11. Mewariskan kesejahteraan ke generasi selanjutnya (anak, cucu, dst)

Namun di Indonesia masih sedikit keluarga yang memiliki rencana finansial. Faktor yang mempengaruhi hal ini diantaranya adalah :

  1. Tidak memiliki tujuan keuangan yang jelas dan cenderung menghabiskan uang untuk memenuhi keinginan jangka pendek.
  2. Keterbatasan ilmu dan pengetahuan tentang bagaimana mengelola keuangan dengan baik.
  3. Tidak dapat memilih produk investasi yang beragam.
  4. Kurangnya kesadaran masyarakat.

Jika Anda masih tergolong kriteria tersebut, sangat bijak jika Anda meminta bantuan seorang perencana keuangan untuk membantu Anda mengelola keuangan Anda.

Salam perencanaan..

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan komentar