Manajemen Risiko dalam Perencanaan Keuangan (6): Langkah-Langkah dalam Manajemen Risiko

Siang planners,

Di dalam hidup ini, risiko akan selalu ada. Namun, setiap risiko tersebut dapat diantisipasi melalui manajemen risiko, agar apabila kita mengalaminya, kerugian-kerugian, khususnya secara finansial, dapat dihindari atau diatasi. Tidak semua risiko dapat diantisipasi dengan metode yang sama. Masing-masing harus memiliki sifat dan karakternya masing-masing, sehingga harus diperlakukan secara khusus agar biaya yang dikeluarkan (apabila ada) tidak sia-sia dan tepat guna. Suatu risiko dapat di-manage melalui beberapa proses. Diantaranya adalah:

1.  Risk identification

Pada tahap ini, setiap kemungkinan risiko yang ada diidentifikasi dengan membuat daftar dan diklasifikasikan sesuai dengan sifat alami kerugian, dampak kejadian terhadap penghasilan, asset, pengeluaran, dan liabilitas, dan jenis-jenis kerugian.

2. Risk measurement

Setelah semua risiko diidentifikasi, kerugian maksimum yang berhubungan dengan kejadian diukur, dengan mempertimbangkan besarnya kerugian dan kemungkinan terjadinya risiko kejadian.

3. Pemilihan dan penggunaan metode memperlakukan risiko

Setelah itu, dilakukan suatu evaluasi yang hati-hati, dalam hal kesesuaian maupun metode biaya dalam memperlakukan risiko murni.

4. Administrasi risiko

Terakhir, dilakukan administrasi risiko dengan terus menerus mengidentifikasi dan mengukur ulang semua risiko yang ada, guna mengetahui apakah ada risiko baru yang muncul atau apakah metode yang telah dilakukan masih sesuai dann efektif dan efisien dalam memproteksi semua risiko yang ada.

Demikian proses dalam manajemen risiko yang harus dilalui sebelum mengambil keputusan dalam menentukan metode yang tepat untuk mengantisipasi kerugian dari kemungkinan risiko yang ada. Dengan demikian, setiap risiko dapat di-manage dengan baik, sesuai dengan porsinya.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s